Kenali Penyebab Utama Timbulnya Jerawat Pada Remaja

Penyebab Timbulnya Jerawat Pada Wajah - Saat masa remaja, 10 masalah pada kulit wajah biasanya mulai timbul, seperti kulit berminyak, jerawat, kusam, komedo hitam, komedo putih, pori-pori besar, noda bekas jerawat (bintik hitam), kulit kasar, warna kulit tidak rata (akibat sel kulit mati), hingga kulit kemerahan akibat radang yang disebabkan oleh jerawat.

Menurut dr Eddy Karta SpKK, masalah yang paling banyak terjadi pada remaja adalah kulit wajah berminyak dan berjerawat.
jerawat, penyebab jerawat, timbulnya jerawat

“Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang menyebabkan produksi minyak berlebih pada wajah sehingga wajah tampak kusam dan tidak terawat," katanya saat ditemui di Jakarta, Selasa (20/8). Berikut penyebab jerawat yang di kutip oleh beritasatu.com

Lantas, apa sebetulnya penyebab utama timbulnya jerawat pada remaja? Menurut Eddy, sebum atau kelenjar minyak biasanya memang mulai akif saat masa remaja. Jerawat sendiri akan muncul saat terjadi sumbatan pada sebum.

“Sumbatan ini biasanya disebabkan oleh adanya tumpukan kotoran dan debu. Ini biasanya dialami oleh remaja yang malas membersihkan wajah atau menggunakan produk pembersih yang salah,” jelasnya.

Kebiasaan buruk yang juga menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah seringnya memegang-megang jerawat, padahal tangannya dalam kondisi kotor. “Kebiasaan ini justru bisa membentuk infeksi di sumbatan tersebut,” terangnya. Karena itu, lanjut Eddy, sebaiknya hindari memegang jerawat jika merasa ada radang pada kulit.

Penyebab lainnya adalah adanya inflamasi atau radang dengan kondisi kulit berjerawat yang sudah memerah. “Bila ini terjadi, jerawat akan pecah dan meninggalkan noda bekas jerawat yang sulit dihilangkan,” urainya.

Jerawat ini tidak hanya muncul di wajah, tapi juga bisa timbul di area punggung, dada, dan juga lengan. Karena itu, sangat penting bagi remaja untuk membersihkan wajah secara teratur dengan pembersih yang memang diformulasikan khusus untuk wajah cenderung berjerawat.
“Membersihkan wajah sangat penting, minimal dua kali sehari. Tentunya menggunakan pembersih khusus wajah yang berminyak. Sebelum tidur, jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah, apalagi jika sebelumnya menggunakan kosmetik. Yang juga sangat penting adalah menjalani gaya hidup sehat dan hindari stres,” tambahnya.

 Baca juga: Cara Alami Membuat Jerawat Hilang Tanpa Muncul Kembali

Eddy juga menyarankan untuk tidak menggunakan sabun antiseptik dan scrub secara berlebihan. “Penggunaan sabun antiseptik boleh-boleh saja, tapi jangan berlebihan, apalagi dengan scrub yang berlebihan. Karena kadang kulit akan tergesek dan terbawa sehingga perlindungan kulit jadi berkurang. Akibatnya, kulit akan lebih mudah terinfeksi,” pesannya.
Kenali Penyebab Utama Timbulnya Jerawat Pada Remaja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nanda Prasetya