Inilah Penyebab dan Cara Alami Mencegah Penuaan Dini

Inilah Faktor Penyebab dan Cara Mencegah Penuaan Dini Dengan Bahan Alami - Dari semua wanita di dunia ini pasti tidak menginginkan muka atau wajah kita terlihat tua apalagi yang masih berumur belasan atau 30 ke bawah namun wajah kita terlihat agak tua, nah disini saya akan memberikan tips serta penyebab penuaan dini pada wajah. Sebelumnya saya pernah mempublish artikel tentang Cara Alami Menghilangkan Garis Halus di Bawah Mata. Setiap orang dipastikan tidak ingin mengalami penuaan dini. Semua orang ingin terlihat awet muda. Jangankan penuaan dini, banyak orang yang melakukan beragam cara supaya kondisi fisiknya masih terlihat 20-30 tahun lebih muda meskipun usia mereka telah menginjak usia senja.

penuaan dini, penyebab wajah jadi cepat tua, agar tetap awet muda

Makanya bisa dikatakan bahwa penuaan dini, terutama bagi wanita, sangat dibenci dan dihindari. Lantas, bagaimana dengan Anda sendiri, apakah Anda mengalami penuaan dini atau masih normal-normal saja?
Menarik: Cara Alami Menghilangkan Kerutan di Wajah Dalam 30 Menit
Pada dasarnya, penuaan dini ini kerap terjadi pada seseorang yang memiliki jenis kulit yang kering. Pada jenis kulit kering, kadar sebum yang merupakan kandungan minyak untuk melindungi kulit dari polusi dan melembabkan kulit kadarnya sangat kurang.

Penuaan dini biasanya terlihat ketika kulit terlihat kering, pecah-pecah, bersisik, kasar, dan disertai dengan tampak keriput serta timbulnya flek dan noda hitam (terutama di bagian wajah). Maka dari itu kali ini caratipsterbaru.com akan memberikan sebuah tips tentang bagaimana cara mengatasi penuan dini pada wajah agar tampak seperti muda kembali.

Faktor Penyebab Penuaan Dini

Jika Anda tidak ingin mengalami penuaan dini, Anda perlu mengetahui apa saja yang menjadi penyebabnya. Pada umumnya, penuaan dini disebabkan oleh adanya dua faktor yakni faktor internal seperti keturunan, kejiwaan, kesehatan, dan daya tahan.

Untuk faktor internal ini tentunya tidak bisa dihindari karena merupakan proses alamiah pada manusia. Hal tersebut bisa juga dipicu oleh adanya perubahan hormonal dan tingkat stres yang dialami seseorang. Sedangkan untuk faktor yang disebabkan oleh faktor eksternal antara lain meliputi:
  • Sinar matahari
    Sinar matahari merupakan faktor eksternal yang cukup memberikan pengaruh signifikan bagi seseorang yang menderita penuaan dini. Waktu yang paling berbahaya untuk dihindari ialah ketika sinar ultra violet berada pada titik kulminasinya yakni antara jam 10.00-15.00. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tabir surya pada bagian wajah dan bagian tubuh lainnya yang terbuka untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari secara langsung.
  • Radikal bebas
    Radikal bebas merupakan efek dari adanya polusi lingkungan, pemakaian air yang tercampur dengan bahan-bahan kimia, perubahan cuaca yang ekstrem serta faktor lainnya yang bisa menyebabkan terganggunya pertumbuhan kolagen. Radikal bebas merupakan molekul ganas yang menggerogoti sel-sel tubuh termasuk didalamnya jaringan kolagen. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin seperti buah-buahan dan sayuran serta menjalankan diet yang mengandung protein tinggi.
  • Kelembaban udara
    Ternyata penuaan dini disebabkan juga oleh kelembaban udara yang tidak stabil. Cara untuk melindungi kelembaban kulit terutama bagi orang yang hidup di daerah tropis yang terkenal memiliki kelembaban udara tidak stabil ialah dengan cara menggunakan pelembab yang bisa memertahankan kadar air di dalam kulit. Sedangkan untuk melindungi kelembutan kulit, Anda bisa menggunakan pelembab di wajah dan body lotion yang tentunya sesuai dengan jenis kulit Anda. Pilihlah bahan pelembab yang mengandung humektan sebagai pengikat air atau asam alfa-hidroksi A-HA.
Bagi Anda, terutama para wanita yang ingin mencegah terjadinya penuaan dini, cobalah tips-tips di atas. Cara-cara tersebut terbukti cukup efektif menangkal berbagai pemicu penyebab penuaan dini.

Tips-Tips Menjaga Kesehatan Kulit dan Kecantikan

Tips-tips berikut ini dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit dan kecantikan Anda:
  • Banyak mengonsumsi sayur-sayuran dan buah segar sebagai antioksidan alami dan sumber nutrisi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Jangan lupa untuk menghindari junk food dan produk-produk olahan.
  • Melakukan perawatan secara teratur yang meliputi pemakaian scrub, pemberian nutrisi, serum, gel atau masker yang mengandung bahan yang melembabkan kulit, serta memperbaiki sirkulasi darah dengan melakukan pemijatan atau refleksi.
  • Banyak mengonsumsi air putih sebanyak-banyaknya minimal 2,5 liter per hari yang dimaksudkan untuk menjaga kelembaban kulit. Jangan lupa pula untuk mengurangi kopi dan soft drink.
  • Memperbanyak minum teh hijau yang banyak mengandung antioksidan.
  • Melakukan olahraga secara teratur seperti jogging, senam, dan berenang minimal 3 kali dalam seminggu. Olahraga secara teratur sangat membantu dalam melancarkan aliran darah sehingga berimplikasi pada asupan oksigen dan nutrisi pada sel-sel lebih baik serta sangat berperan dalam pembentukan sel-sel kulit yang baru.
Itulah beberapa hal yang patut diperhatikan dan dijalankan secara konsisten untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Kesehatan kulit dan kecantikan merupakan aset yang sangat berharga yang sejatinya dijaga secara maksimal bagi Anda yang tidak mau mengalami kulit keriput pada usia yang masih terbilang produktif.
Top: Cara Jitu Agar Wajah Terlihat Awet Muda Secara Alami
Dengan menjalankan tips-tips di atas secara teratur dan konsisten, bukan hanya kesehatan kulit yang bisa didapatkan namun juga kualitas hidup juga akan meningkat secara signifikan. Selamat menjalankan pola hidup sehat.
Inilah Penyebab dan Cara Alami Mencegah Penuaan Dini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nanda Prasetya