Inilah Penyebab Munculnya Jerawat Pada Orang Dewasa

Inilah Penyebab Munculnya Jerawat Pada Orang Dewasa - Setelah sebelumnya saya telah mempublish sebuah artikel yang membahas tentang Cara Jitu Menghilangkan Jerawat Batu di Wajah Secara Alami. Kali ini saya akan memaparkan sebuah artikel tentang penyebab masalah tentang munculnya sebuah jerawat pada wajah cantik kita.

Penyebab jerawat pada orang dewasa dapat terjadi karena ketidakseimbangan hormon dan stres. Mari kita lihat apa yang menyebabkan jerawat pada orang dewasa, masalah yang biasanya dianggap sebagai penyakit pada usia remaja. Maka dari itu kali ini caratipsterbaru.com akan memberikan beberapa tips tentang bagaimana munculnya jerawat-jerawat pada wajah kita.
jerawat, masalah jerawat, tips jerawat, penyebab jerawat, menghilangkan jerawat, cara alami membuat hilang jerawat

Ada beberapa penyebab jerawat pada orang dewasa, bahkan orang di usia 40 tahun dapat terkena jerawat. Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang hal itu, ikutilah terus artikel di bawah ini dan jangan beranjak ke tempat lain. Berikut artikel yang dikutip oleh wedaran.com

Penyebab jerawat pada orang dewasa

Jerawat dapat menyerang wanita maupun pria dewasa. Jerawat dapat muncul pada bagian dada, wajah, dan bahkan di punggung. Pada saat remaja, kondisi ini sangatlah umum, di satu sisi anak remaja sedang dalam masa puber. Beberapa penyebab jerawat pada orang dewasa adalah sebagai berikut.

Komedo
Salah satu penyebab dari jerawat pada orang dewasa adalah komedo. Ini adalah sel-sel kulit mati dan minyak berlebih di antara pori-pori kulit. Bila terkena udara akan berubah menjadi hitam, yang dikenal sebagai blackhead. Ketika komedo meradang karena pertumbuhan bakteri di dalamnya maka dapat menjadi jerawat yang kemerahan. Ketika jerawat terinfeksi, maka akan berubah menjadi whitehead yang pecah dan meninggalkan bekas luka. Jadi, pastikan anda mencuci wajah setidaknya dua kali sehari.

Hormon
Orang dewasa juga dapat menderita ketidakseimbangan hormon. Ovarium melepaskan hormon yang disebut estrogen dan testis melepaskan hormon androgen. Hormon ini membantu merangsang kelenjar sebaceous yang menghasilkan minyak. Peningkatan produksi minyak membuat kulit berminyak dan lebih rentan terhadap jerawat.

Haid
Wanita mengalami penurunan hormon selama siklus menstruasi mereka. Ovulasi, menstruasi, kehamilan, perimenopause dan menopause adalah proses biologis yang terjadi pada wanita di dalam berbagai tahapan hidupnya. Proses biologis tersebut dikendalikan oleh hormon dan setiap terjadi kenaikan atau penurunan hormon berpeluang untuk menyebabkan jerawat.

Testosteron
Hormon pria, testosteron, adalah penyebab jerawat pada pria dewasa. Tingginya kadar testosteron dalam tubuh menyebabkan jerawat pada pria dewasa.

Make Up
Penggunaan make up yang berlebihan cenderung menyumbat pori-pori kulit wajah. Pelembab, produk perawatan rambut dan perawatan kulit cenderung membentuk lapisan pada kulit anda. Ini dapat menutupi pori-pori. Kondisi ini menyebabkan peradangan dan munculnya jerawat. Anda perlu mengurangi penggunaan make up berlebihan dan pastikan membersihkan wajah setiap malam untuk menghindari jerawat.

Pola makan
Salah satu penyebab jerawat pada orang dewasa adalah obesitas. Kenaikan berat badan yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya jerawat. Makan makanan berminyak seperti gorengan dan minuman bersoda dapat menyebabkan jerawat.

Stres
Orang dewasa tidak luput dari yang namanya stres, baik psikologis, fisik atau emosi, yang akan menyebabkan jerawat. Stres melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat bakteri sangat mudah untuk menyerang kulit. Stres juga mempengaruhi kelenjar adrenal yang mengeluarkan hormon untuk dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat lebih banyak.

Genetik
Gen memiliki peran utama dalam jerawat. Jenis kulit anda akan tergantung pada gen anda. Dalam beberapa kasus memang terdapat kulit yang rentan akan jerawat.

Penyebab jerawat batu

Jerawat batu adalah bentuk jerawat yang menyebabkan kista yang sangat besar pada kulit. Jerawat ini sangat menyakitkan dan memerlukan perhatian medis. Penyebab jerawat batu pada orang dewasa mirip dengan penyebab jerawat pada umumnya. Berlebihan penggunaan make up yang menghalangi pori-pori dan kelenjar sebaceous, genetika, pola makan yang salah, dan kondisi lingkungan dapat menyebabkan jerawat batu pada orang dewasa.

 Baca juga: Kenali Penyebab Utama Timbulnya Jerawat Pada Remaja

Pengobatan jerawat yang efektif termasuk penggunaan salep dan krim yang membantu untuk menghilangkan jerawat. Anda harus mengikuti pola makan sehat yang terdiri dari buah-buahan segar dan sayuran. Berolahraga secara teratur untuk melancarkan sirkulasi darah sehat dan juga pori-pori kulit. Cuci wajah dengan pembersih ringan untuk menyingkirkan kotoran dan debu. Jika jerawat masih juga berlanjut, segeralah menghubungi dokter kulit untuk bantuan lebih lanjut.
Inilah Penyebab Munculnya Jerawat Pada Orang Dewasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nanda Prasetya